cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : 18584543     EISSN : 26156091     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development.
Arjuna Subject : -
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2020): Maret 2020" : 18 Documents clear
EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA MATA KULIAH PERAWATAN KULIT WAJAH JURUSAN PENDIDIKAN TATA RIAS DAN KECANTIKAN Qomadza Harista, Asshara Qemha; Rukun, Kasman; Giatman, M.
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 4, No 1 (2020): Maret 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v4i1.24171

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan modul pembelajaran berbasis e-learning pada materi Rias Wajah Film Foto dan Karakter, mengetahui efektitifas modul pembelajaran berbasis e-learning untuk materi Rias Wajah Film Foto dan Karakter. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development), menggunakan model pengembangan Plomp, melalui tahap preliminary, prototyping stage dan assessment stage. Subjek  penelitian adalah mahasiswa jurusan Tata Rias dan Kecantikan yang mengambil mata kuliah Rias Wajah Film Foto dan Karakter. Data penelitian dikumpulkan melului instrumen efektivitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis efektivitas menggunakan analisis uji t. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  uji efektifitas pengembangan modul pembelajaran berbasis e-learning pada mata kuliah Perawatan Kulit Wajah jurusan Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Padang, diperoleh dari nilai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa modul pembelajaran berbasis e-learning dan kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran secara konvensional, memperoleh nilai efektivitas dengan kategori efektif. Kesimpulannya modul pembelajaran berbasis e-learning pada mata kuliah Perawatan Kulit Wajahjurusan Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Padang berhasil dikembangkan. Kata Kunci? Efektivitas,  E-Learning, Modul
POLA ARGUMEN TOULMIN PADA PROSES PEMBELAJARAN IPA SMP NEGERI 1 AMLAPURA Suartha, I Nengah; Setiawan, I Gusti Agung Nyoman; Sudiatmika, Anak Agung Rai
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 4, No 1 (2020): Maret 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v4i1.24151

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan dan menjelaskan pola argumen Toulmin pada proses pembelajaran IPA SMP Negeri 1 Amlapura. (2) mendeskripsikan dan menjelaskan kualitas argumen proses pembelajaran IPA SMP Negeri 1 Amlapura. Desain penelitian ini adalah kualitatif dengan sumber data dari empat orang guru IPA serta siswa kelas VII dan VIII. Sumber data dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Instrumen utama pada penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Penelitian bertempat di SMP Negeri 1 Amlapura, dan dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2017/2018. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahapan analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pola argumen Toulmin pada proses pembelajaran IPA SMP Negeri 1 Amlapura terdiri dari 2 pola dengan variasinya. (2) kualitas argumen proses pembelajaran IPA SMP Negeri 1 Amlapura 64,40% pola Ground-Claim dengan kategori lemah dan 35,60% pola Warrant-Ground-Claim dengan kategori cukup kuat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa: (1) Pola argumentasi pada proses pembelajaran IPA SMP Negeri 1 Amlapura terdiri atas pola Claim-Gorund dan Claim-Ground-Warrant dengan variasinya. (2) Kualitas argumen proses pembelajaran IPA SMP Negeri 1 Amlapura 64,40% dengan kategori lemah dan 35,60% dengan kategori cukup kuat. Jadi kualitas argumen proses pembelajaran IPA SMP Negeri 1 Amlapura bervariasi dari lemah dan cukup kuat, karena lemahnya pengawasan dari kepala sekolah dan pengawas akademik dalam bentuk supervisi akademik, sumber belajar yang tersedia hanya berupa buku paket, proses pembelajaran tanpa mengacu pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang sudah disusun.Kata kunci: Pola Argumen Toulmin, Proses Pembelajaran IPA SMP
IMPLEMENTASI FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA Rusnawati, Made Delina
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 4, No 1 (2020): Maret 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v4i1.18238

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar yang lebih tinggi antara siswa yang belajar menggunakan Flipped Classroom  dengan siswa yang belajar tanpa menggunakan Flipped Classroom  pada mata pelajaran Administrasi Basis Data kelas XII RPL SMK Negeri 1 Negara (2) Motivasi siswa kelas XII RPL di SMK Negeri 1 Negara setelah menggunakan Flipped Classroom  pada mata pelajaran Administrasi Basis Data (3) Respon siswa kelas XII RPL di SMK Negeri 1 Negara setelah menggunakan Flipped Classroom  pada mata pelajaran Administrasi Basis Data.Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas XII RPL SMK Negeri 1 Negara Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel yang digunakan yaitu kelas XII RPL 2 yang digunakan sebagai kelas ekperimen dan XII RPL 3 yang digunakan sebagai kelas kontrol dengan jumlah 92 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes uraian untuk mengukur hasil belajar dan metode angket untuk menganalisis motivasi belajar siswa dan respon siswa. Data hasil belajar kemudian dianalisis dengan melakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji- t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat hasil belajar yang lebih tinggi dalam penerapan Flipped Classroom pada mata pelajaran administrasi basis data kelas XII RPL di SMK Negeri 1 Negara. Hasil analisis uji-t memperoleh thitung = 7.7497 dan ttabel = 1.66196 untuk dk sebesar 90 dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan kreteria pengujian diperoleh thitung > ttebel, ini berarti H0 ditolak. (2) Motivasi belajar siswa yang menggunakan Flipped Classroom dikatakan tinggi dilihat dari rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen yaitu sebesar 98.30. (3) Respon siswa dari penerapan Flipped Classroom pada mata pelajaran Administrasi basis data adalah positif dilihat rata ? rata skor hasil angket respon siswa yaitu 58.47.Kata-kata kunci: Quasi Eksperimen, Flipped Classroom, Administrasi Basis Data.
EVALUASI PROGRAM PRAKTEK INDUSTRI JURUSAN TEKNIK SEPEDA MOTOR DI SMK 1 UJUNGBATU DENGAN MODEL BRINKERHOFF Ainu, Ainu
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 4, No 1 (2020): Maret 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v4i1.24411

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil evaluasi Program Prakerin ada Fase I,II,III,IV dan V. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi (Evaluation Research) bertujuan untuk mengevaluasi suatu program, mengevaluasi pelaksanaan suatu objek dan seterusnya dengan tujuan perbaikan. Sedangkan model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi program Brinkerhoff Six Stage.Model evaluasi program Brinkerhoff memiliki enam fase yang akan digunakan untuk mengevaluasi Program Prakerin siswa Jurusan Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 1 Ujung Batu.. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Pelaksanaan program praktek kerja industri (prakerin) jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM) di SMKN 1 Ujung Batu pada tahap antecedent (masukan) berada pada kategori cukup  (2) Pelaksanaan program Prakerin di SMKN 1 Ujung Batu jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM) pada tahap transaction (proses) berada pada kategori cukup. Kata kunci: Evaluasi, Program Prakerin, Sekolah Menengah Kejuruan
HUBUNGAN MOTIVASI DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEINGINAN MAHASISWA S1 KEPERAWATAN SEMESTER 8 UNTUK MENERUSKAN PROGRAM PROFESI NERS Perceka, Andhika Lungguh
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 4, No 1 (2020): Maret 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v4i1.23063

Abstract

This research aims to seek the association of Motivation and support of the family with the    wishes of students of bachelor degree of nursing in 8th semester to continue college to the profession ners in Stikes karsa husada Garut.  Design Analytic descriptive analytics using the cross sectional approach. In this research, all students in bachelor degree of nursing in 8th semester as much as 100 people become population. The results of the study obtained    the relationship between motivation with the desire to proceed to the profession with the level of p Value 0.030, and there is a connection between skills with students motivation 8th semester     with the status of p value = 0.031. And a significant association of family support with the desire to continue the profession of Ners with a status of P Value 0.047
PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI BETON Mendrofa, Iman Jujur; Syah, Nurhasan; Rahmat Putra, Rusnardi
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 4, No 1 (2020): Maret 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v4i1.24170

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan sebuah media video pembelajaran untuk mata kuliah Teknologi Beton pada Jurusan Teknik Sipil dan mengetahui validitas, Praktis dan Efektif media video pembelajaran pada mata kuliah Teknologi Beton pada Jurusan Teknik Sipil.Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development), menggunakan model pengembangan IDI, melalui tahap penemuan atau analisis kebutuhan, program, dan evaluasi. Subjek  penelitian adalah mahasiswa jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Data penelitian dikumpulkan melului instrumen validitas, instrumen praktikalitas, instrumen efektivitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis validitas, analisis praktikalitas, dan analisis efektivitas menggunakan analisis uji t. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  uji  validitas  media video pembelajaran oleh validator, semua aspek dinilai ?Valid?. Uji praktikalitas media video pembelajaran diperoleh dari respon mahasiswa pada jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang, berada dalam kategori ?Praktis?. Hasil uji efektifitas media video pembelajaran diperoleh dari nilai pre-test dan pos-test mahasiswa setelah mengunakan media video pembelajaran berada dalam kategori efektif. Kesimpulannya media video pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan pada proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Kata  Kunci:  Media,  Teknologi Beton, Video Pembelajaran
DEVELOPING ONLINE FORMATIVE ASSESSMENT USING QUIZIZZ FOR ASSESSING READING COMPETENCY OF THE TENTH GRADE STUDENTS IN BULELENG REGENCY Ari Puspitayani, Desak Made; Jaya Putra, I Nyoman Adi; Santosa, Made Hery
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 4, No 1 (2020): Maret 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v4i1.24169

Abstract

This research and development study (R&D) aimed to: (1) develop online quiz prototype using Quizizz  and (2) examine the quality of the developed online quiz. This study employed Four-D model with Define, Design, Develop, and Disseminate phases by Thiagarajan (1974). The subjects of this study were 10 Senior High School English Teachers in Buleleng regency. The data about the teachers? need were collected by administering questionnaire and analyzing the teachers? documents while the quality of the developed online quiz was validated by expert and user judges. The data of the teachers? need were analyzed descriptively. The quality of the developed online quiz in terms of content validity was analyzed by using Gregory?s formula while the practicality was analyzed by using practicality criteria. The results of the study shows that the teachers need online quiz as formative assessment instruments which consisted of of linguistic and level comprehension aspects. The prototype of online formative assessment was initiated in define phase by doing target situation analysis, learner analysis, concept analysis, task analysis, and present situation analysis. The quality of the developed online quiz was examined in develop phase. The result of the study shows that the quality of the developed online quizzes as a formative assessment in terms of content validity was very high and the practicality was excellent. The implication of this finding is that the developed online quiz as formative assessment instrument is highly recommended to be implemented in the real classroom and widely disseminated. It is not only beneficial for the teachers in teaching and learning process but also improve teachers? competence. Therefore, this formative assessment instrument is ready to be used for assessing the tenth grade students? reading competency. Keywords: formative assessment; online quiz; prototype; reading competency; teachers? competency
PENGEMBANGAN PANDUAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM PENINGKATAN DETERMINASI DIRI (SELF DETERMINATION)UNTUK PENCEGAHAN AGRESIVITAS SISWA Wulandari, Annike Putri; Firman, Firman; Solfema, Solfema
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 4, No 1 (2020): Maret 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v4i1.24440

Abstract

Pengambilan keputusan oleh remaja adalah bagian penting dalam mengatasi perilaku agresivitas. Pengambilan  keputusan ini tercermin dalam determinasi diri (self determination), karena determinasi diri (self determination) lebih pada kemampuan seseorang untuk memilih dan menentukan tindakan yang ingin dicapai. Determinasi diri (self determination) mencakup tiga indikator di dalamnya, yaitu kompetensi, otonomi dan keterkaitan. Jika individu atau remaja memiliki determinasi diri (self determination) yang rendah, individu atau remaja akan dengan mudah melakukan tindakan atau perilaku menyimpang, salah satunya adalah perilaku agresivitas. Berdasarkan fenomena yang ada, masih ada siswa yang memiliki determinasi diri (self determination) yang rendah sehingga dapat membuat siswa melakukan perilaku menyimpang seperti agresivitas. Agresivitas itu sendiri adalah suatu tindakan atau perilaku yang dilakukan untuk menyakiti atau melukai seseorang dalam bentuk kata-kata (verbal) dan perilaku (non verbal). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Swasta Kota Padang dengan sampel 129 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling dan alat pengumpulan data menggunakan Skala determinasi diri (self determination) untuk pencegahan agresivitas. Data dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif dengan pengolahan data menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa determinasi diri (self determination) untuk pencegahan agresivitas pada setiap indikator diklasifikasikan sebagai sedang dengan hasil persentase 2, 61% pada indikator kompetensi, rendah kategori dalam indikator otonomi dengan persentase 2, 27% dan juga tergolong rendah pada indikator relevansi dengan persentase 2, 35%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat ditindaklanjuti dengan membuat panduan bimbingan kelompok dalam peningkatan determinasi diri (self determination) untuk pencegahan agresivitas.Kata Kunci:Self Determination, Aggresivitas
UJI VALIDASI PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK Widyasti, Ni Made Sih; IGL, Wiratma,; IW, Muderawan,
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 4, No 1 (2020): Maret 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v4i1.15591

Abstract

This study aimed to: (1) develop and describe the characteristics; (2) describe and explain the validity; (3) describe and explain the practicability of Student Worksheet (LKS) based on scientific approach for chemistry learning on the chemical equilibrium topic. The type of this research was research and development with the steps carried out included: (1) data collection; (2) design of product; (3) validation of design; (4) revisions of design; (5) limited tryout; and (6) revisions of product. The developed LKS consists of five sub-topics. Content validation on LKS was done by involving two experts and two practitioners. Language validation on LKS is done by involving one linguist. A limited tryout involved 9 students of grade XI SMAN 1 Kuta Selatan. Characteristic of LKS based on scientific approach for chemistry learning on the chemical equilibrium topic, namely: (1) LKS consists of 5M learning steps with added hypothesis formulation; (2) in each LKS presented a contextual phenomenon; and (3) the language used in the LKS developed in accordance with the EYD. Validation results indicate that: (1) LKS validation results by experts and practitioners have met the valid category; (2) LKS validation results by linguists have met the linguistic rules and meet very valid categories. Based on the results of a limited tryout obtained positive response of students to learning with LKS on the implementation with very high category.
PERSEPSI GURU BAHASA INDONESIA TERHADAP FULL DAY SCHOOL Safi'i, Imam; Warni, Silih; Yanti, Prima Gusti
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 4, No 1 (2020): Maret 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v4i1.21050

Abstract

This study aims to describe the relationship between employment status and employment to the perceptions of Indonesian teachers about the discourse of the implementation of full day school system. The data in this study was collected online with media questionnaires developed through googleform. The data collected is further processed using regression analysis method with SPSS to see the existence of relationship or relationship between variables. The result of the research shows that there is a relationship between employment status and work period to the perception of Indonesian teachers about the discourse of the implementation of full day school system. Based on the SPSS output results in the summary model table the value of "R" is 0.096 and 0.123 respectively. The results of this research can be used as one of the starting point to conduct a more comprehensive study related to the implementation of full day scholl system in the school system in Indonesia.

Page 1 of 2 | Total Record : 18